SKENARIO PEMBELAJARAN
NAMA : HILDAWATI
NIM : H0418321
KELAS : PENDIDIKAN FISIKA 2018
KELOMPOK : 1
POKOK BAHASAN : HUKUM GRAVITASI NEWTON
SUB POKOK BAHASAN : HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI DAN HUKUM
KEPLER
MODEL PEMBELAJARAN: PROBLEM BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS
MASALAH)
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan | Fase | Kegiatan | Waktu (menit) |
Pendahuluan | I Mengorientasi Peserta Didik Pada Masalah
| Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam, Guru mengecek kehadiran peserta didik. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Guru memberikan apersepsi dengan mengajukan contoh permasalahan, dengan memperlihatkan sebuah video tentang satelit yang sedang mengorbit. Guru meminta peserta didik untuk mengamati dan merenungkan video tersebut. Guru mengajukan permasalahan kepada peserta didik terkait video yang diamati, (mengapa satelit tidak jatuh ke permukaan bumi?) Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah.
|
20 |
Kegiatan inti
| II Mengorganisasikan Kegiatan Pembelajaran | Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok. Guru meminta peserta didik berdiskusi dengan teman kelompoknya masing-masing, terkait dengan permasalahan yang akan dikaji. Guru memastikan setiap anggota kelompok memahami tugas masing-masing. Guru berkeliling mengamati setiap kelompok yang sedang berdiskusi. Guru memberi bantuan, jika ada kesulitan yang dialami siswa secara individu atau kelompok. Guru meminta peserta didik membuat hipotesis atas masalah tersebut.
|
35 |
III Membimbing Penyelidikan Mandiri dan Kelompok | Guru meminta peserta didik Menyelidiki Gaya Gravitasi. Guru meminta peserta didik mengumpulkan informasi untuk memperoleh data dalam rangka menjawab atau menyelesaikan masalah yang dikaji. Guru memantau keterlibatan peserta didik dalam pengumpulan data/ bahan selama proses penyelidikan.
|
35 |
IV Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya | Guru meminta peserta didik menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara rapi, rinci, dan sistematis. Guru berkeliling mencermati peserta didik bekerja menyusun laporan hasil diskusi, dan memberi bantuan bila diperlukan. Guru meminta peserta didik menentukan perwakilan kelompok secara musyawarah untuk menyajikan (mempresentasikan) laporan di depan kelas.
|
20
|
Penutup
| V Analisis dan Evaluasi Pemecahan Masalah | Guru mendorong agar peserta didik aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Guru melakukan refleksi pembelajaran, dengan mengarahkan semua peserta didik pada kesimpulan mengenai permasalahan tersebut. Guru meminta peserta didik mengerjakan Tugas Mandiri (Menyelidiki Satelit Buatan di Bumi dan Pemanfaatannya) untuk dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
25
|
Catatan:
Alokasi waktu pembelajaran selama 3 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar