TUGAS
MENGKAJI ISI PRPOSAL PENELITIAN BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
Nama : Hildawati
Kelas/Angkatan : Pendidikan Fisika/2018
Judul Penelitian yang dikaji : Pengaruh Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Konsep Usaha Bagi Siswa SMP Negeri 1 Trucuk Klaten
Berdasarkan isi proposal yang anda kaji, lengkapilah tabel berikut ini!
No. | Langkah-langkah penelitian | Hasil Pengecekan Langkah-langkah penelitian | Hasil pengkajian
|
Ada | Tidak Ada |
1 | Rumusan identifikasi masalah | X |
| Keadaan awal siswa yang berbeda-beda, berpengaruh terhadap penerimaan konsep yang seharusnya dipahami oleh siswa. Ketidaksesuaian antara pendekatan dan metode dalam proses belajar mengajar dengan materi pelajaran menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal. Banyaknya materi pembelajaran Fisika dikelas VII SMP yang tepat apabila cara penyampaiannya dengan menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi.
|
2 | Rumusan dan/atau Batasan masalah | X |
| Rumusan masalahnya adalah: Adakah perbedaan pengaruh antara pendekatan ketrampilan proses dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Usaha? Adakah perbedaan pengaruh antara tingkat keadaan awal tinggi, sedang, dan rendah terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Usaha? Adakah interaksi pengaruh antara pendekatan keterampilan proses dan tingkat keadaan awal siswa terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Usaha?
Adapun pembatasan masalahnya adalah: Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ketrampilan proses Metode mengajar yang digunakan adalah metode eksperimen dan metode demonstrasi. Keadaan awal siswa yang digunakan adalah nilai ulangan harian mata pelajaran fisika kelas VII sebelum pokok bahasan Usaha. Materi pelajaran yang diambil adalah Usaha.
|
3 | Istilah-istilah yang dikaji teorinya | X |
| Hakikat Proses Belajar Mengajar, Pembelajaran Fisika Pendekatan Keterampilan Proses Metode Mengajar, Konsep, Konsep Usaha, Keadaan Awal
|
4 | Rumusan hipotesis penelitian | X |
| Ada perbedaan pengaruh penggunaan pendekatan ketrampilan proses melalui metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Usaha. Ada perbedaan pengaruh antara tingkat keadaan awal siswa timggi, sedang dan Rendah terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Usaha. Ada interaksi pengaruh antara penggunaan pendekatan ketrampilan proses dengan keadaan awal siswa terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Usaha.
|
5 | Desain dan metode penelitian serta | X |
| Desain Metode Penelitian Faktorial 2x3 dan menggunakan metode eksperimen. |
6 | Instrumen penelitian serta teknik pengumpulan data yang digunakan | X |
| Instrumen Penelitian yang digunakan yaitu: Instrumen Pelaksanaan, terdiri dari Satuan Pembelajaran (SP), Rencana Pembelajaran (RP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Instrumen Tes, Uji yang dilakukan terhadap instrumen tes meliputi validitas item tes, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda.
Serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Teknik Dokumentasi. Data keadaan awal siswa, berupa nilai ulangan harian Fisika kelas VII pada pokok bahasan sebelum pokok bahasan usaha. Data diperoleh dalam bentuk dokumentasi dari guru yang mengajar mata pelajaran Fisika pada kelas yang bersangkutan. Teknik tes. Data pemahaman konsep Fisika diperoleh dengan tes prestasi yang berupa tes obyektif yang dibuat penulis dengan alternatif jawaban pada pokok bahasan usaha sebanyak 30 butir soal.
|
7 | Jenis analisis data yang digunakan | X |
| Analisis data dilaksanakan dengan analisis variansi dua jalan. Sebelum diuji dengan analisis variansi dua jalan, data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas populasi. |
8 | Rumusan interpretasi temuan penelitian |
| X |
|
9 | Rumusan kesimpulan | X |
| Ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran Fisika dengan pendekatan ketrampilan proses melalui metode eksperimen dengan pembelajaran Fisika dengan pendekatan ketrampilan proses melalui metode demontrasi terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan usaha. Pembelajaran Fisika dengan pendekatan ketrampilan proses melalui metode eksperimen memiliki pengaruh yang lebih baik dalam membantu siswa memahami konsep-konsep yang sedang dipelajari dibandingkan dengan pembelajaran Fisika dengan pendekatan ketrampilan proses melalui metode demonstrasi. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara keadaan awal siswa kategori tinggi, sedang dan rendah terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Usaha. Keadaan awal siswa kategori tinggi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan siswa yang memiliki tingkat keadaan awal kategori sedang dan rendah. Sedangkan siswa yang memiliki tingkat keadaan awal kategori sedang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan siswa yang memiliki tingkat keadaan awal kategori rendah. Tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan keadaan awal siswa terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Usaha.
|
10 | Rumusan saran | X |
| Kepada Guru. Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep materi Fisika yang dipelajari. Guru juga harus menggunakan penanganan yang berbeda kepada siswa yang memiliki keadaan awal tinggi, sedang dan rendah. Kepada Siswa. Siswa harus giat belajar dan mengikuti dengan serius materi pelajaran yang disampaikan pleh guru, supaya lebih mudah dalam memahami konsepkonsep yang sedang diajarkan oleh guru. Kepada Peneliti. Besarnya pengaruh berbagai faktor terhadap keberhasialn siswa dalam memahami konsep-konsep Fisika yang diajarkan oleh guru, sangat membutuhkan penelitian yang lebih komplek. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila setiap peneliti lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitiannya yaitu kemampuan untuk melakukan analisis berbagai hal yang terlibat dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pelajaran Fisika.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar