FORMAT TUGAS
NAMA -NAMA ANGGOTA KELOMPOK:
Hildawati
Irda Mayung
Maisarah
Megawati
Suburia
Ulfa Zulfiani
POKOK BAHASAN : TEKANAN ZAT
SUB POKOK BAHASAN : TEKANAN GAS
MODEL PEMBELAJARAN : DISCOVERY LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN)
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
Kegiatan | Fase | Kegiatan | Waktu (menit) |
Pendahuluan |
I Memberi Stimulus
| |
|
Kegiatan inti
| II Mengidentifikasi Masalah | Guru menanyakan kepada peserta didik:
Apa yang kalian pikirkan setelah melihat demonstrasi tadi? Peseta didik diminta merumuskan pertanyaan terkait dengan demonstrasi yang dilakukan oleh guru, seperti:
Peserta didik diminta merumuskan hipotesis atau jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan.
|
|
III Mengumpulkan data | Peserta didik merumuskan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan. Informasi ini bisa diperoleh melalui berbagai kegiatan antara lain: Membaca literatur, mengamati gambar, menonton video, dan lain-lain.
(kegiatan-kegitan diatas dilakukan untuk membuktikan kebenaran hipotesis atau jawaban sementara yang telah dirumuskan. |
|
IV Mengolah Data | Peserta didik mendiskusikan hasil pengumpulan informasi dari kegiatan pengumpulan data yang dilakukan. Peserta didik menjawab rumusan pertanyaan atau rumusan masalah berdasarkan informasi yang diperoleh kegiatan pengumpulan data.
|
|
Penutup
|
V Memverifikasi | |
|
| VI Menyimpulkan |
|
|
Catatan:
Alokasi waktu pembelajaran selama 2 x 40 menit dalam 1 x pertemuan.
Perbedaan Discovery Learning dan Inquiry Learning
Discovery Learning | Inquiry Learning |
Masalah yang dihadapkan kepada siswa semacam masalah yang direkayasa oleh guru. | Masalah yang dihadapkan kepada siswa bukan hasil rekayasa. |
Cara pencarian informasi tidak terstruktur atau sistematis. | Cara pencarian informasi terstruktur atau sistematis. |
Menekankan terhadap pembentukan mental peserta didik. | Menekankan pada pembentukan kognitif. |
Proses akhirnya adalah penemuan. | Proses akhirnya terletak pada kepuasan kegiatan meneliti. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar