Senin, 02 November 2020

Skenario Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

SKENARIO  PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING


Materi        : Energi

Kelompok     : 1

Nama anggota: 1. Hildawati

        2. Irda Mayung

        3. Maisarah

        4. Megawati

        5. Suburia

        6. Ulfa Zulfiani


Sintaks

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

Fase 1:

Orientasi sswa pada masalah

  1. Guru mengajukan contoh permasalahan (Mengapa Roller Coaster dapat meluncur tanpa mesin t?)

  2. Guru meminta siswa mengamati dan memahami masalah secara individu.

  1. Siswa mengamati dan memahami permasalahan yang diberikan oleh guru.

fase 2:

Mengorganisasikan siswa belajar

  1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.

  2. Guru meminta siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya masing-masing.

  3. Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS).

  4. Guru berkeliling mengamati setiap kelompok yang sedang berdiskusi.

  5. Guru memberi bantuan, jika ada kesulitan yang dialami siswa secara individu atau kelompok.

  1. Siswa bekerja sama dalam kelompok 

  2. Siswa menyelesaikan soal yang ada di LKS.


Fase 3:

Membimbing proses diskusi 

  1. Guru meminta siswa melihat hubungan-hubungan berdasarkan informasi/data yang diberkan.

  2. Guru meminta siswa menganalisa permasalahan untuk menyelesaikan masalah.

  1. Siswa memahami masalah secara individu.

  2. Siswa mendiskusikan permasalahan secara berkelompok.

Fase 4:

Mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi

  1. Guru meminta siswa menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara rapi, rinci, dan sistematis.

  2. Guru berkeliling mencermati siswa bekerja menyusun laporan hasil diskusi, dan memberi bantuan bila diperlukan.

  3. Guru meminta siswa menentukan perwakilan kelompok secara musyawarah untuk menyajikan (mempresentasikan) laporan di depan kelas.

  1. Siswa menyiapkan laporan hasil diskusi.

  2. Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.


Fase 5:

Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah 

  1. Guru memilih salah satu perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

  2. Guru memberi kesempatan kepada siswa dari kelompok lain untuk memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok penyaji.

  3. Guru mendorong agar siswa aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  4. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi setiap kelompok.

  5. Guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai permasalahan tersebut.

  1. Siswa memberikan tanggapan terhadap apa yang di presentasikan oleh kelompok penyaji.

  2. Siswa membuat kesimpulan tentang apa yang dipelajari.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar